Sunday, October 18, 2015

Contoh Pidato Ujian Praktek Bahasa Indonesia


Ikon Adiwiyata SMPN 1 Wates
Tumbuhan Jarak     

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.                                
Yang terhormat Penanggung jawab Pokja Adiwiyata SMP Negeri 1 Wates,
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru pembibing Pokja Adiwiyata SMP Negeri 1 Wates,
Serta rekan-rekan Pokja Adiwiyata yang berbahagia.

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah, sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal ‘afiat.
Saya ucapakan selamat datang dan terimakasih kepada hadirin yang telah menyempatkan waktu untuk menghadiri acara pada pagi hari ini.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Ikon adiwiyata SMP Negeri 1 Wates”.
Kalian pasti tahu, jarak adalah ikon adiwiyata sekolah kita. Tapi tahukah kalian manfaat dari jarak? “……………”
Apakah itu saja? TIDAK!

Jarak atau Jotropha Curcas merupakan anggota dari keluarga Euphorbiaceae yang merupakan tumbuhan semak berkayu yang dapat ditemukan di daerah tropis. Jarak berasal dari Amerika Tengah tepatnya di Amazon. Tumbuhan ini dibawa ke Indonesia oleh Jepang pada tahun 1942 saat Jepang menjajah Indonesia. Jepang memerintahkan semua petani  untuk mengganti tanaman kebun dengan tanaman jarak. Alasannya, Jepang ingin memperoleh bahan bakar alternatif dengan mengolah minyak biji jarak untuk tank dan pesawat tempur pada perang dunia II.

Berdasarkan penelitian, hampir semua bagian dari pohon jarak berguna, mulai dari akar, getah, daun hingga biji jarak karena mengandung beberapa senyawa yang berguna bagi manusia.
1.     Getah tanaman jarak, mengandung flavonoid dan saponin yang bersifat antimikroba yang bermanfaat untuk mengobati sariawan, dan gigi berubang.
2.      Daun jarak, mengandung senyawa kaemfesterol, dan teraksrol yang bermanfaat untuk mengatasi sakit perut atau susah BAB.
3.      Biji jarak, mengandung glukanase yang memiliki aktivitas antifungi yang bermanfaat sebagai antikanker.
4.      Minyak biji jarak, yang bermanfaat untuk diolah menjadi bahan bakar alternatif.
5.      Kulit batang jarak, mengandung tanin, resin dan saponin.
6.      Akar pohon jarak, bermanfaat untuk mengobati batuk dan mengencerkan dahak.

Selain bermanfaat bagi manusia, jarak juga bermanfaat bagi lingkungan. Seperti fungsi tumbuhan yang lain, jarak menghasil oksigen melalui fotosintetis yang dapat mengurangi pencemaran udara di sekitar kita.  Sehingga memperkecil pengaruh atom floer yang berasal dari pencemaran udara merusak lapisan ozon dan atmosfer bumi.

Hadirin yang saya hormati,
Ternyata banyak manfaat dari jarak bagi kita maupun lingkungan. Untuk itu mari lestarikan lingkungan agar anak dan cucu kita dapat merasakan indahnya lingkungan hijau. Maka dari itu budayakan cinta lingkungan dimanapun, kapanpun, dan bagaimanapun.

Hadirin yang berbahagia.     
Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kehidupan kita semua. Jika ada kata yang salah atau kurang berkenan dihati Bapak, ibu, serta rekan-rekan saya mohon maaf.
Akhiru Kalam
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.         

No comments:

Post a Comment

Soal Pilihan Ganda BAB 4 LOMPAT KANGKANG Kelas 11

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih salah satu dari a,b,c,d, atau e! 1.       Loncat kangkang di atas peti lompat ter...